Kesulitan Belajar
Di susun Untuk Memenuhi Tugas mata Kuliah Psikologi Pendidikan
Di Susun Oleh :
1. Fahri Kurniawan
2. Rini Sugesti
3. Afan Isnaini
Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2012
Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2012
I.
PENDAHULUAN
Kesulitan belajar merupakan
problem yang nyaris dialami oleh semua siswa. Sekitar 5% dari total populasi
anak usia sekolah mendapatkan pendidikan khusus karena gangguan belajar mereka.
Persentase anak yang di golongkan menderita gangguan belajar semakin meningkat
mulai dari kurang 30% dari semua anak yang menerima pendidikan khusus pada
1977-1978 sampai seputar 50% untuk sampai saat ini (Santrock, 2010).
Beberapa pakar mengatakan
bahwa peningkatan dramatis ini adalah diagnosis yang buruk dan overidentification. Mereka percaya bahwa
guru terkadang terlalu cepat mencap anak yang mengalami sedikit gangguan
belajar sebagai anak yang punya masalah ketidak mampuan belajar, padahal
gangguan ini sering kali di sebabkan oleh ketidak efektifan guru dalam mengajar
dikelas. Pakar lainya mengatakan peningkatan jumlah anak penderita gangguan
belajar ini adalah sesuatu yang pada dasarnya (Hallahan, Kauman & Lloyd,
1996).
Kesulitan
belajar dapat diartikan suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai
adanya hambatan-hambatan tertentu untuk menggapai hasil belajar. Masalah berkesulitan
belajar termasuk dalam bidang pendidikan luar biasa. Jika tidak segera
ditangani, lambat laun kesulitan belajarnya semakin kompleks, dan akhirnya
menjadi masalah bagi pendidikan, karena sumber daya manusia (SDM) yang
dipersiapkan menjadi tidak tercapai. Untuk itu perlu adanya upaya penanganan
siswa berkesulitan belajar yang melibatkan berbagai disiplin ilmu.
Untuk selanjutnya silahkan klik link ini ~> PEMBAHASAN
Untuk selanjutnya silahkan klik link ini ~> PEMBAHASAN
0 komentar:
Posting Komentar