"Selamat Datang Di Fahriikurniiawan.blogspot.com,,,Mari Berbagi Inspirasi dan Pengalaman"

Kamis, 24 Mei 2012

Makalah Kesulitan Belajar

Kesulitan Belajar
Di susun Untuk Memenuhi Tugas mata Kuliah Psikologi Pendidikan


         Di Susun Oleh :

        1. Fahri Kurniawan
 2. Rini Sugesti
 3. Afan Isnaini


      Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2012

 I.        PENDAHULUAN

Kesulitan belajar merupakan problem yang nyaris dialami oleh semua siswa. Sekitar 5% dari total populasi anak usia sekolah mendapatkan pendidikan khusus karena gangguan belajar mereka. Persentase anak yang di golongkan menderita gangguan belajar semakin meningkat mulai dari kurang 30% dari semua anak yang menerima pendidikan khusus pada 1977-1978 sampai seputar 50% untuk sampai saat ini (Santrock, 2010).
Beberapa pakar mengatakan bahwa peningkatan dramatis ini adalah diagnosis yang buruk dan overidentification. Mereka percaya bahwa guru terkadang terlalu cepat mencap anak yang mengalami sedikit gangguan belajar sebagai anak yang punya masalah ketidak mampuan belajar, padahal gangguan ini sering kali di sebabkan oleh ketidak efektifan guru dalam mengajar dikelas. Pakar lainya mengatakan peningkatan jumlah anak penderita gangguan belajar ini adalah sesuatu yang pada dasarnya (Hallahan, Kauman & Lloyd, 1996).
Kesulitan belajar dapat diartikan suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk menggapai hasil belajar. Masalah berkesulitan belajar termasuk dalam bidang pendidikan luar biasa. Jika tidak segera ditangani, lambat laun kesulitan belajarnya semakin kompleks, dan akhirnya menjadi masalah bagi pendidikan, karena sumber daya manusia (SDM) yang dipersiapkan menjadi tidak tercapai. Untuk itu perlu adanya upaya penanganan siswa berkesulitan belajar yang melibatkan berbagai disiplin ilmu.


Untuk selanjutnya silahkan klik link ini ~> PEMBAHASAN

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010 _Fahri kurniawan_
Theme by Fahri Kurniawan